Diposkan pada Buku

Rahasia Virus

Assalmu’alaikum, kembali lagi di blog saya, saya mau memberi taukan rahasia virus, seperti sekarang pasti teman – teman mengira kalau virus corona adalah virus paling berbahaya di dunia, tapi masih ada virus yang berakhir dengan kematian.

Apakah virus termasuk makhluk hidup?

Virus termasuk makhluk hidup. Meskipun disaat virus sendirian dan tidak menempel pada sel makhluk hidup, dia tidak dapat berkembang biak.

Tapi saat virus menempel di sel makhluk hidup, virus berubah seperti makhluk hidup lainnya. Saat inilah virus bisa berkembang biak dengan mengandakan diri.

Susunan tubuh virus terdiri dari:

1.Pembungkus/selubung yang disusun oleh protein.

2.Bahan inti terdiri dari asam nukleat, yaitu terdiri dari DNA saja atau RNA saja.

3. Serabut ekor

4. Kepala yang berbentuk polihedral (segi banyak).

Bagaimana cara virus berkembang biak?

Virus berkembang biak dengan melekatkan dirinya ke permukaan sel makhluk hidup. Kemudian masuk ke dalam ruang sel dengan cara melarutkan dinding sel makhluk hidup tersebut lalu organ organ sel itu untuk bereproduksi atau menggandakan diri.

Apa perbedaan antara virus dengan bakteri?

Virus berukuran jauh lebih kecil dari pada bakteri. Virus hanya dapat berkembang biak bila memasuki sel yang hidup karena virus tidak dapat berkembang biak sendiri. Hal ini berbeda dengan bakteri yang tidak mutlak membutuhkan sel hidup untuk berkembang biak, misalnya dapat kita lihat pada proses pembusukan dimana bakteri pembusuk berkembang biak pada makhluk hidup yang sudah mati.

Mengapa kita perlu divaksinasi?

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan melindungi tubuh kita dari penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

Vaksin adalah suatu zat yang mengandung patogen (penyebab penyakit) yang sudah lemah atau mati. Pemberian vaksin membentuk kekebalan secara aktif.

Dan masih ada banyak lagi, penasaran dengan rahasia virus selanjutnya? Baca saja di Gramedia digital.

Wassalamu’alaikum wr. wb

Sumber:buku rahasia virus, Gramedia digital.

Penulis:

Hai, nama saya Darrell,saya sekolah sd,Hobi saya main sepak bola dan jalan - jalan

Tinggalkan komentar